Sabtu, 17 Desember 2011

Ayam Kecap

Menu ini enak banget kalo dihidangkan pake nasi hangat, hmmm... Btw untuk resepnya sendiri sebenarnya datang dari ide sayas sendiri aja karena bosan dengan menu yang itu2 aja. Alhamdulillah suamiku suka walau kadang aku sendiri sebenarnya dalam keluarga yang doyaan banget sm menu yang beraroma pedes, tapi demi menyenangkan suami yang darah Jawa gpp lah. Keluargaku yang minang yang kalau mama masak pasti pedes, pake santan atau cabe hijau. Sejak menikah gak pernah lagi buat karena suami kurang suka sama santan dan pedes2. Ok ini resepnya aku share semoga teman2 suka yaaa... Maklumlah amatiran coba2 bikin makanan.

Bahan2:
1 bh Bawang bombay yang ukuran sedang di iris tipis2
6bh bawang merah
3bh bawang putih
2bh cabe keriting iris tipis2
Cabe rawit kira2 10bh sebagai pemanis aja kalo untuk aku (bisa di skip)
merica bubuk
garam
Kecap
Gula
Kayu manis sedikit saja
Air secukupnya (kira2 1 gelas belimbing)
1 buah tomat

Cara membuat:
Tumis bawang bombay, bawang putih, bawang merah, cabe merah sampai harum. Lalu masukkan ayam yang susah digoreng ke dalam tumisan, tunggu beberapa saat sampai semuanya tercampur rata.
Lalu masukkan air tunggu sampai bumbu meresap.
Setelah itu masukkan kecap, merica, kayu manis, gula dan garam.
Diamkan sampai air mulai sedikit. Lalu masukkan cabe rawit dan tomat.


Kalo ingin airnya banyak bisa ditambahkan, tapi kalo gak ingin kuah, masak trs sampai airnya mulai habis lalu masukkan cabe rawit. Fungsi cabe rawit buatku hanya sebagai garnish saja. Selamat menvcaoba. Rasanya enak banget. Si ayah aja nambah kalo makan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar